Administrasi Kendaraan Ibadah Int'l Citizen Service Jaminan Sosial Kependudukan Kesehatan Ketenagakerjaan Lain-lain Layanan Lingkungan Pajak & Keuangan Pendidikan Pengaduan Masyarakat Perjalanan Internasional Pertanahan Rumah Tangga Transportasi Usaha Wisata

Jaminan Tenaga Kerja - Beasiswa




Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek)

Jamsostek adalah sebuah program publik yang memberikan perlindungan bagi tenaga kerja untuk mengatasi risiko sosial ekonomi tertentu. Jamsostek ini dilaksanakan dengan suatu mekanisme asuransi sosial. Apa itu asuransi sosial? Asuransi sosial adalah program yang diselenggarakan secara wajib berdasarkan suatu undang-undang, dengan tujuan untuk memberikan perlindungan dasar bagi kesejahteraan masyarakat.

Jamsostek sangat diperlukan oleh para tenaga kerja di Indonesia untuk melindungi mereka selama melakukan aktivitas di lingkungan pekerjaan. Seperti yang kita ketahui, motto Jamsostek berbunyi: "Pelindung Pekerja, Mitra Pengusaha". Oleh karena itu, Jamsostek selalu berusaha untuk menjadi lembaga terpercaya yang unggul dalam pelayanan dan memberikan manfaat optimal bagi seluruh peserta dan keluarganya.

Dasar hukum Jamsostek terdapat dalam UU No.3 Tahun 1992 Tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja (JAMSOSTEK) dan melalui PP No.36/1995, PT. Jamsostek ditetapkan sebagai badan penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja. Program Jamsostek memberikan perlindungan dasar untuk memenuhi kebutuhan minimal bagi tenaga kerja dan keluarganya, dengan memberikan kepastian berlangsungnya arus penerimaan penghasilan keluarga sebagai pengganti sebagian atau seluruhnya penghasilan yang hilang, akibat risiko sosial.

Selanjutnya, pada akhir tahun 2004, pemerintah juga menerbitkan UU Nomor 40 Tahun 2004 Tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional, yang berhubungan dengan Amandemen UUD 1945 pada pasal 34 ayat (2), dimana Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) telah mengesahkan Amandemen tersebut, yang berbunyi: "Negara mengembangkan sistem jaminan sosial bagi seluruh rakyat dan memberdayakan masyarakat yang lemah dan tidak mampu sesuai dengan martabat kemanusiaan". Manfaat perlindungan tersebut dapat memberikan rasa aman kepada pekerja sehingga dapat lebih berkonsentrasi dalam meningkatan motivasi maupun produktivitas kerja.

Kiprah perseroan yang mengedepankan kepentingan dan hak normatif Tenaga Kerja di Indonesia terus berlanjut. Sampai saat ini, PT Jamsostek (Persero) memberikan perlindungan 4 (empat) program, yang mencakup Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) bagi seluruh tenaga kerja dan keluarganya.

Dengan penyelenggaraan yang makin maju, program Jamsostek tidak hanya bermanfaat kepada pekerja dan pengusaha tetapi juga berperan aktif dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian bagi kesejahteraan masyarakat dan perkembangan masa depan bangsa. 


Bantuan Beasiswa

Bantuan beasiswa merupakan salah satu wujud program Dana Peningkatan Kesejahteraan Peserta (DPKP) dalam bidang pendidikan, sebagai sumbangsih PT Jamsostek (Persero) dalam rangka meningkatkan kecerdasan bangsa khususnya anak-anak tenaga kerja peserta Jamsostek.

Program Bantuan Beasiswa bertujuan membantu tenaga kerja peserta Jamsostek dalam pembiayaan pendidikan anak tenaga kerja yang berprestasi untuk jangka waktu 12 bulan.

Bantuan beasiswa yang diberikan adalah sebesar:

  • Tingkat SD -SLTP Rp 150.000,-/bulan selam 1 tahun *)
  • Tingkat SLTA - Perguruan tinggi sebesar Rp 200.000,-/bulan selama 1 tahun*)


UU No. 3 Tahun 1992 Tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja (JAMSOSTEK) dan melalui PP No.36/1995.


Persyaratan untuk mengajukan Bantuan Beasiswa adalah:

  1. Bagi Perusahaan
  • Telah terdaftar sebagai peserta program Jamsostek minimal 1 (satu) tahun
  • Tertib administrasi kepesertaan program Jamsostek
  1. Bagi Tenaga Kerja
  • Telah menjadi peserta Jamsostek minimal 1 (satu) tahun dan masih aktif
  • Upah maksimal 300% dari upah minimal kabupaten atau upah minimal kota
  • Mendapat nilai diatas 7,00 untuk SD/SMP/SMu dan IP 2,75 untuk Masiswa.
  • Anak tenaga kerja yang meninggal dunia / cacat total tetap akibat kecelakaan kerja
  • Anak tenaga kerja tidak sedang menerima bantuan beasiswa dari insatansi lain
  • Mengisi formulir permohonan bantuan beasiswa Jamsostek


Formulir bantuan beasiswa Jamsostek dapat didapatkan di tautan dibawah ini

http://www.satulayanan.net/uploads/files/FORMULIR.doc


-


-


-


Untuk mengenal lebih dekat  program-program tentang Jamsostek bisa menghubungi:

Telepon

T: (021) 520 7797

F: (021) 520 2310

Call Center:  (021) 2929 7392

Email:

biro.humas@jamsostek.co.id

Website:

www.jamsostek.co.id

Alamat:

Jl. Jendral Gatot Subroto no.79

Jakarta Selatan Indonesia 12930


-


Jika terdapat permasalahan dalam layanan publik ini, silakan melaporkannya ke

comments powered by Disqus