Administrasi Kendaraan Ibadah Int'l Citizen Service Jaminan Sosial Kependudukan Kesehatan Ketenagakerjaan Lain-lain Layanan Lingkungan Pajak & Keuangan Pendidikan Pengaduan Masyarakat Perjalanan Internasional Pertanahan Rumah Tangga Transportasi Usaha Wisata

Informasi TKI




Tenaga Kerja Indonesia dengan nomor telepon ''Halo TKI'' merupakan pusat pelayanan pengaduan TKI yang didirikan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) dan diresmikan pendiriannya pada 27 Juni 2011.

Sebelum berbentuk Call Center, di BNP2TKI sejak November 2008 telah ada unit ''Crisis Center'' dengan tugas pokok melayani pengaduan langsung bagi TKI dan keluarganya dalam kaitan permasalahan yang dialami TKI. Saat ini pelayanan pengaduan TKI melalui ''Crisis Center'' dilaksanakan oleh unit Pelayanan Pengaduan TKI atau Call Center BNP2TKI. 

Secara garis besar pelayanan Call Center BNP2TKI meliputi; (1) penyediaan informasi informasi; (2) pendampingan permasalahan TKI yang terdiri advokasi kasus dan hukum serta penyelenggaraan mediasi/perselisihan; (3) penyelesaian kasus/masalah. Siapa pun dan dari mana pun boleh mengadukan ke Call Center BNP2TKI, baik sebagai calon TKI, TKI atau keluarga TKI, termasuk kalangan masyarakat luas lainnya. Call center BNP2TKI melayani setiap pengaduan selama 24 jam penuh untuk tujuh hari dalam seminggu.

Mekanisme Laporan di Call Center BNP2TKI

Permasalahan dan kasus-kasus TKI yang diterima petugas Call Center BNP2TKI terlebih dahulu didata ke dalam sistem komputer berjaringan (online), selanjutnya dilakukan diklarifikasi dan validasi yang terkait dokumen pengaduan oleh staff Call Center BNP2TKI, sebelum diambil langkah-langkah penanganannya.

Pada tahap berikut, data pengaduan serta hasil klarifikasi/validasi yang diproses secara online di Call Center BNP2TKI akan menjadi bahan tindaklanjut penyelesaian masalah atau berupa penuntasan kasus oleh aparat BNP2TKI maupun BP3TKI (Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia) unit teknis BNP2TKI yang ada di daerah, sesuai kewenangan dan lingkup tugasnya masing-masing.

Setiap pengaduan akan dijawab oleh Call Center BNP2TKI, termasuk menyampaikan perkembangan penanganannya secara segera kepada pihak yang mengadukan baik langsung atau melalui komunikasi/infomasi dengan tidak langsung.


-


-


Pusat Informasi Kerja BNP2TKI

Untuk informasi lowongan kerja sesuai tingkat pendidikan, industri dan profil negara-negara tujuan, bisa ditemukan di http://jobsinfo.bnp2tki.go.id 
 


Pelayanan Pengaduan TKI

Tenaga Kerja Indonesia dengan nomor telepon ''Halo TKI'' merupakan pusat pelayanan pengaduan TKI yang didirikan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) dan diresmikan pendiriannya pada 27 Juni 2011.

Sebelum berbentuk Call Center, di BNP2TKI sejak November 2008 telah ada unit ''Crisis Center'' dengan tugas pokok melayani pengaduan langsung bagi TKI dan keluarganya dalam kaitan permasalahan yang dialami TKI. Saat ini pelayanan pengaduan TKI melalui ''Crisis Center'' dilaksanakan oleh unit Pelayanan Pengaduan TKI atau Call Center BNP2TKI. 

Secara garis besar pelayanan Call Center BNP2TKI meliputi; (1) penyediaan informasi informasi; (2) pendampingan permasalahan TKI yang terdiri advokasi kasus dan hukum serta penyelenggaraan mediasi/perselisihan; (3) penyelesaian kasus/masalah. Siapa pun dan dari mana pun boleh mengadukan ke Call Center BNP2TKI, baik sebagai calon TKI, TKI atau keluarga TKI, termasuk kalangan masyarakat luas lainnya. Call center BNP2TKI melayani setiap pengaduan selama 24 jam penuh untuk tujuh hari dalam seminggu.

Mekanisme Laporan di Call Center BNP2TKI

Permasalahan dan kasus-kasus TKI yang diterima petugas Call Center BNP2TKI terlebih dahulu didata ke dalam sistem komputer berjaringan (online), selanjutnya dilakukan diklarifikasi dan validasi yang terkait dokumen pengaduan oleh staff Call Center BNP2TKI, sebelum diambil langkah-langkah penanganannya.
Pada tahap berikut, data pengaduan serta hasil klarifikasi/validasi yang diproses secara online di Call Center BNP2TKI akan menjadi bahan tindaklanjut penyelesaian masalah atau berupa penuntasan kasus oleh aparat BNP2TKI maupun BP3TKI (Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia) unit teknis BNP2TKI yang ada di daerah, sesuai kewenangan dan lingkup tugasnya masing-masing.

Setiap pengaduan akan dijawab oleh Call Center BNP2TKI, termasuk menyampaikan perkembangan penanganannya secara segera kepada pihak yang mengadukan baik langsung atau melalui komunikasi/infomasi dengan tidak langsung.

 


-


-


-


Daftar Alamat Balai Latihan Kerja Luar Negeri

Berikut adalah daftar alamat Balai Latihan Kerja Luar Negeri (BLK-LN) di 11 provinsi seluruh Indonesia:

Keterangan:

ASPAC: Asia Pasifik

 



 


Kontak Call Center BNP2TKI

Alamat: Jalan MT Haryono Kav 52 Pancoran, Jakarta 12095

Telp/Faksimili: (021) 79188924, (021) 29244810

Halo TKI: 0800 1000 (Indonesia), +6221 292 44 800 (Luar Negeri)

E-mail: halotki@bnp2tki.go.id

SMS: 7266 (gratis dari seluruh operator telepon seluler)

Biaya: Gratis (untuk semua pengaduan yang dikirim sejak 1 Juli 2011)


-


Jika terdapat permasalahan dalam layanan publik ini, silakan melaporkannya ke

comments powered by Disqus