Administrasi Kendaraan Ibadah Int'l Citizen Service Jaminan Sosial Kependudukan Kesehatan Ketenagakerjaan Lain-lain Layanan Lingkungan Pajak & Keuangan Pendidikan Pengaduan Masyarakat Perjalanan Internasional Pertanahan Rumah Tangga Transportasi Usaha Wisata

Latihan Keterampilan Tenaga Kerja




Tentang KIOS 3in1

KIOS 3in1 adalah aplikasi berisi paket program komputer berbasis web/internet yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengguna dalam sistem manajemen pengelolaan pelatihan, sertifikasi dan penempatan yang bisa dimanfaatkan oleh para pencari kerja dan masyarakat umum. KIOS 3in1 merupakan bentuk revitalisasi dari Balai Latihan Kerja (BLK) oleh Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Program 3in1 sendiri adalah program pemberdayaan kelembagaan pelatihan dan produktivitas melalui revitalisasi lembaga pelatihan dan pelaksanaan program 3 in 1 (pelatihan, sertifikasi dan penempatan). Di Kios 3in1 bisa ditemui jenis pekerjaan yang diinginkan, atau tawaran lain seperti latihan kerja jika ingin beralih ke bidang usaha lain. Hingga saat ini, telah ada KIOS 3in1 yang dibangun di 48 Balai Latihan Kerja di seluruh Indonesia.

Adapun sasaran model KIOS 3in1 adalah :

  1. Meningkatkan kualitas lulusan pelatihan yang berbasis kompetensi untuk menjamin penempatan yang sesuai dengan kebutuhan pasar;
  2. Meningkatkan produktivitas di semua bidang dan lapisan untuk menjamin daya saing- nasional;
  3. Mendorong inisiatif atau prakarsa aparatur dan masyarakat, di pusat dan di daerah untuk menanggulangi pengangguran.

Mekanisme penerapan KIOS 3in1 adalah :

PELATIHAN
Prinsip pelatihan adalah melengkapi kompetensi kerja yang sesuai dengan tuntutan permintaan atau syarat jabatan dari pengguna (user). Dan efektivitas pelatihan sangat tergantung pada kondisi tenaga kerja yang akan dilatih serta Penyelenggaraan pelatihan perlu didukung oleh sistem infor–masi pasar kerja tentang ketersediaan dan kondisi penyediaan tenaga kerja.

SERTIFIKASI
Program sertifikasi dilakukan sebagai bukti keabsahan kualifikasi kompetensi yang dimiliki seseorang, setelah yang bersangkutan mengikuti proses uji kompetensi. Dan uji kompetensi harus sesuai dengan syarat jabatan pada sisi permintaan. Pelaksanaan uji kompetensi perlu didukung oleh sarana dan peralatan uji terutama dalam praktek mengoperasikan alat-alat produksi. Disamping itu uji kompetensi harus dilakukan oleh tenaga-tenaga ahli yang juga menguasai dan memiliki profesionalisme di bidang kompetensi yang sesuai.

PENEMPATAN
Apabila pelatihan dilakukan berdasarkan permintaan yang sudah riil, maka penempatan akan berlangsung secara otomatis. Disamping penempatan tenaga kerja di perusahaan domestik dan di luar negeri, peserta pelatihan perlu juga dipersiapkan untuk bekerja secara mandiri. Sebelum melakukan pelatihan perlu kejelasan informasi mengenai syarat jabatan atau kompetensi yang dibutuhkan. Informasi seperti itu harus dapat tersedia melalui Pusat Informasi Pasar Kerja. Penempatan tersebut dapat dilakukan melalui lembaga atau instansi Pemerintah dan atau Bursa Tenaga Kerja Swasta. Disamping penempatan di perusahaan domestik dan di luar negeri, tenaga- tenaga terlatih perlu dipersiapkan untuk pekerja mandiri dan untuk sektor informal.

 


-


-


Untuk mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja daerah yang dibuka, dapat mengakses link dibawah ini :

http://www.kios3in1.net/index.php


-


-


-


Terdapat 47 portal KIOS 3in1 yang terdapat di Balai Latihan Kerja yang tersebar di seluruh Indonesia. Dibawah ini kami cantumkan link-nya :


Untuk memperoleh informasi lebih lanjut, dapat menghubungi :

Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi

Jl. Gatot Subroto Kav. 51 - Jakarta Selatan
Telepon/Fax : 021 5292 1057 - 5296 1311 - 5296 0456 / 021 5292 1057 - 5296 0456

Untuk memperoleh data mengenai ketenaga kerjaan :

PUSAT DATA DAN INFORMASI KETENAGAKERJAAN

Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI
Jl. TMP Kalibata No. 17 Jakarta Selatan, Telp 021-7900019     
Web pusdatinaker.balitfo.depnakertrans.go.id, Email : pusdatinaker@nakertrans.go.id


-


Jika terdapat permasalahan dalam layanan publik ini, silakan melaporkannya ke

comments powered by Disqus