Administrasi Kendaraan Ibadah Int'l Citizen Service Jaminan Sosial Kependudukan Kesehatan Ketenagakerjaan Lain-lain Layanan Lingkungan Pajak & Keuangan Pendidikan Pengaduan Masyarakat Perjalanan Internasional Pertanahan Rumah Tangga Transportasi Usaha Wisata

Transmigrasi




Ayo transmigrasi! Modul ini berisi informasi mengenai prosedur pendaftaran peserta program transmigrasi beserta tahapan-tahapan seleksinya; lokasi transmigrasi beserta peta lokasi, potensi kawasan, daftar badan usaha, peluang investasi, dan kegiatan pembangunan; dan data peserta transmigrasi. Sampai saat ini tercatat terdapat 36,387 peserta transmigrasi yang tersebar diseluruh provinsi di Indonesia.

WPT adalah wilayah potensial yang ditetapkan sebagai pengembangan pemukiman transmigrasi untuk mewujudkan pusat pertumbuhan wilayah harus sesuai dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). Sementara LPT adalah lokasi potensial yang ditetapkan sebagai pemukiman transmigrasi untuk mendukung pusat pertumbuhan wilayah yang sudah ada atau sedang berkembang. 

Calon Transmigran adalah setiap warga Negara RI yang secara sukarela mendaftarkan diri untuk mengikuti program transmigrasi, yang setelah diseleksi, dinyatakan memenuhi syarat untuk menjadi peserta program transmigrasi. Daerah Tujuan Transmigrasi adalah wilayah administrasi daerah propinsi atau daerah Kabupaten/Kota yang wilayahnya dikembangkan menjadi WPT atau LPT. Daerah Pengirim Transmigrasi adalah wilayah adminstrasi daerah propinsi atau Kabupaten/Kota yang penduduknya pindah melalui program transmigrasi.

Terdapat tiga jenis transmigrasi yaitu : 

  • Transmigran Umum (TU) : TU adalah transmigrasi yang diselenggarakan oleh pemerintah.
  • Transmigran Swakarsa Berbantuan : TSB adalah transmigran yang biaya pelaksanaannya dibantu oleh pemerintah atau pihak lain bukan pemerintah.
  • Transmigran Swakarsa Mandiri : TSM adalah transmigrasi yang dilaksanakan oleh masyarakat yang bersangkutan secara perorangan atau kelompok, baik bekerjasama maupun tidak bekerjasama dengan Badan Usaha atas arahan, layanan dan bantuan Pemerintah.

Adapun manfaat transmigrasi bagi masyarakat adalah :

  • Meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memanfaatkan peluang daerah dengan potensinya yang belum banyak dimanfaatkan orang.
  • Merangsang pembangunan daerah baru.
  • Memperkuat persatuan dan kesatuan bangsamelalui pembauran antarsuku bangsa.
  • Solusi masalah pengangguran dan kemiskinan.

Sampai 2012, tercatat 103 pemukiman transmigrasi telah berkembang menjadi ibukota kabupaten/kota dan 382 pemukiman transmigrasi menjadi ibukota kecamatan. Program transmigrasi juga berhasil membangun 1.183 pemukiman transmigrasi menjadi desa definitif. Bahkan terdapat satu ibukota provinsi yang berasal dari lokasi transmigrasi, yakni UPT Mamuju yang sekarang dijadikan Ibukota Provinsi Sulawesi Barat.


-


Syarat Calon Transmigran

Syarat untuk menjadi Transmigran :

  1. Warga Negara Indonesia adalah setiap warga negara yang berdomisili di wilayah Negara Republik Indonesia.
  2. Berkeluarga dibuktikan dengan Surat Nikah dan Kartu Keluarga.
  3. Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku.
  4. Berusia antara 18 sampai dengan 50 tahun sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP), kecuali diatur lain dalam perjanjian kerjasama antar daerah.
  5. Belum pernah bertransmigrasi yang dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Kepala Desa/Lurah dimana pendaftar berdomisili.
  6. Berbadan sehat yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Dokter.
  7. Memiliki keterampilan sesuai kebutuhan untuk mengembangkan potensi sumber daya yang tersedia di lokasi tujuan sebagaimana diatur dalam perjanjian kerjasama antar daerah.
  8. Menandatangani Surat Pernyataan kesanggupan melaksanakan kewajiban sebagai transmigran.
  9. Lulus seleksi yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Lulus dari Tim yang diberikan wewenang untuk melaksanakan seleksi.

Pengecualian syarat untuk menjadi Transmigran :

  1. Pendaftar yang belum berkeluarga sepanjang yang bersangkutan mempunyai kahlian khusus (tenaga ahli, guru, paramedis, rohaniawan).
  2. Janda sepanjang mengikutsertakan anak laki-laki dewasa.
  3. Pendaftar yang pernah menjadi transmigran sepanjang alasan meninggalkan lokasi karena kerusuhan sosial dan bencana alam.

Untuk Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Daerah / Kabupaten :

Diharapkan untuk melihat website bursa transmigrasi online setiap hari, sebagai antisipasi ada masyarakat dari daerah yang bersangkutan yang ingin bertransmigran mencatat, dan meminta dokumen-dokumen yang diperlukan kepada seluruh calon transmigran. Petugas dinas juga diharapkan memberikan pengarahan kepada calon transmigran baru mengenai lokasi-lokasi transmigrasi yang ditawarkan sesuai  hasil kerjasama antara dinas daerah asal (pengirim transmigran) dengan dinas daerah tujuan (penerima transmigran) karena lokasi transmigrasi yang sudah dipilih oleh calon transmigran melalui website, belum tentu lokasi yang ditawarkan oleh dinas daerah asal. Petugas dinas agar selalu berkoordinasi dengan pengelola situs bursa transmigrasi online, yaitu Kemenakertrans. Jika ada hal-hal yang berubah, segera hubungi Kemenakertrans.


Lokasi Transmigrasi

Untuk mengetahui di lokasi mana saja program transmigrasi dilaksanakan, bisa dilihat pada tautan dibawah ini

http://bto.depnakertrans.go.id/kad/kawasan.php?BRSR=0


Peta Lokasi Transmigrasi

Untuk peta lokasi transmigrasi dilaksanakan bisa dilihat pada tahutan dibawah

http://bto.depnakertrans.go.id/kad/peta.php?BRSR=0?


Untuk mendaftar menjadi calon transmigran, sebaiknya melihat dan menentukan dahulu lokasi transmigrasi yang ingin dituju yang terdapat di dua bagian di atas. Kemudian, Anda dapat mendaftarkan diri secara online.

Berikut ini adalah tahapan pendaftaran calon transmigran :

  1. Melakukan pendaftaran online, kemudian akan mendapatkan nama login, password, dan ID login anda, yang otomatis akan diinformasikan via e-mail.
  2. Simpan baik-baik login name, password, dan ID anda. Karena itu merupakan kodefikasi Anda untuk memakai fasilitas di website bursatransmigrasi.net
  3. Setelah anda mendaftar menjadi calon transmigran, otomatis anda dianggap sebagai calon transmigran baru.
  4. Setelah nama anda tampil di calon transmiran baru, anda diharapkan melengkapi dokumen transmigrasi, setelah itu menghubungi atau mendatangi dinas transmigrasi setempat untuk menyerahkan dokumen yang diperlukan.
  5. Setelah dokumen dilengkapi, anda tinggal menunggu untuk proses seleksi. Jika nama anda terseleksi, maka nama anda otomatis akan berpindah ke kanal Seleksi, artinya anda sedang menunggu proses pelatihan.
  6. Setelah anda dipanggil untuk masuk ke pelatihan, otomatis status anda di internet juga sudah berpindah ke kanal Pelatihan.
  7. Setelah Anda selesai pelatihan, dan dianggap lulus dan siap diberangkatkan, otomatis status anda akan berpindah ke Siap Berangkat.
  8. Setelah anda berangkat ke lokasi transmigrasi, otomatis status Anda di internet akan hilang, dan sudah menjadi database Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Daftar Transmigrasi

Untuk mendaftarkan diri menjadi peserta Transmigrasi, dapat meng-klik link dibawah ini :

http://bto.depnakertrans.go.id/anggota/pendaftaran.php


-


-


-


Berikut ini adalah informasi-informasi lain mengenai transmigrasi, antara lain :

  1. Info Peserta Transmigrasi

           http://bto.depnakertrans.go.id/kad/peserta.php

  1. Info Kemitraan, termasuk daftar badan usaha, potensi kawasan, peluang investasi, dan kegiatan pembangunan

           http://bto.depnakertrans.go.id/mitra/index.php


Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai transmigrasi dan prosedur pendaftarannya, dapat menghubungi :

Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI
CC. Website BursaTransmigrasi Online
Jl. TMP. Kalibata 17
Jakarta Selatan
Email: info@bursatransmigrasi.go.id


-


Jika terdapat permasalahan dalam layanan publik ini, silakan melaporkannya ke

comments powered by Disqus