Administrasi Kendaraan Ibadah Int'l Citizen Service Jaminan Sosial Kependudukan Kesehatan Ketenagakerjaan Lain-lain Layanan Lingkungan Pajak & Keuangan Pendidikan Pengaduan Masyarakat Perjalanan Internasional Pertanahan Rumah Tangga Transportasi Usaha Wisata

Jadwal & Reservasi Kereta Api




-


-


Persyaratan dan Ketentuan Angkutan Penumpang KA

Ketentuan Umum

 

  1. Setiap penumpang wajib memiliki tiket yaitu dokumen angkutan yang sah berupa tiket komputer, tiket tercetak atau bentuk lainnya yang ditetapkan KAI sebagai tiket
  2. Tiket berlaku dan sah apabila :
    • Nama tercetak pada tiket sama dengan nama yang tercetak pada bukti identitas penumpang yang bersangkutan.(KTP/SIM/Pasport/bukti identitas lainnya)
    • Nama dan nomor kereta api, tanggal dan jam keberangkatan, kelas dan relasi perjalanan yang tercantum dalam tiket telah sesuai dengan Kereta Api yang dinaiki.
  3. Dalam hal penumpang akan mempergunakan 2 kereta api atau lebih yang memiliki sifat persambungan maka penumpang agar menyisihkan waktu yang cukup banyak untuk persambungan dengan kereta api lain tersebut. KAI tidak bertanggung jawab atas kegagalan penumpang menggunakan kereta api lanjutannya akibat kereta api yang dinaiki sebelumnya terlambat dan tidak diberikan kompensasi apa pun.
  4. Kedapatan tidak memiliki tiket yang sah diatas KA diturunkan dari kereta api pada kesempatan pertama
  5. Semua Perjalanan Kereta Api adalah perjalanan Bebas Asap Rokok, tidak diperkenankan merokok di seluruh rangkaian Kereta Api, kedapatan merokok diatas kereta api maka akan diturunkan pada kesempatan pertama.
  6. Larangan pengangkutan bagi orang dalam keadaan mabuk dan orang yang dapat mengganggu atau membahayakan penumpang lain, orang yang dihinggapi penyakit menular atau orang yang menurut undang-undang dapat dikenakan peraturan pengasingan untuk kesehatannya

Reservasi

  1. Reservasi tiket KA dapat dilakukan sejak H-90 di loket stasiun, loket mitra, Contact
  2. Center 121 atau secara online melalui web, aplikasi android atau blackberry.
  3. Setiap pemesanan tiket di loket, pemesan wajib mengisi formulir pemesanan.
  4. Pembayaran atas pemesanan tiket yang dilakukan di Contact Center 121 dapat dilakukan di :
    • Bank : BRI, Mandiri, BII, BCA, BNI, BTN, Panin Bank, CIMB Niaga, BPR KS, OCBC NISP, BPD DIY, Bank Mega, BRI Syariah, Bank Mayapada, BJB, Bank Pundi
  5. Layanan Penjualan tiket diluar loket KAI
    •  PAYMENT POINT : Jaringan Citos Connection, Aeroticket, Oke Tiket, FinChannel, Jaringan Jatelindo B-ISA, Jaringan Fastpay BMW, PPOB BRI Delaprasta, Jaringan Via Travel, Jaringan I-Zone, PPOB e-Channel Bank Syariah Mandiri, Jaringan BTrav Connection, MLPO Q-NETS, Jaringan Pointer, Violet Online Connection, Jaringan Mitracomm, Jaringan Vas Mobile, Jaringan Asia Wisata, Jaringan ATA Indonesia, Jaringan Panglima Ekspress, Jaringan Tors.us
    • GERAI / MINIMARKET : Agen tiket KA, Kantor Pos dan Agen Pos, Pegadaian, Gerai Indomaret, Gerai Alfamart, Gerai Alfamidi, Gerai Alfa Express, Gerai Lawson, Gerai 7-Eleven, Coopay, Tiki JNE, dll
    • ONLINE : tiket.kereta-api.co.id , www.tiketkai.com , www.tiket.com , www.paditrain.com
    • APLIKASI BLACKBERRY : Kereta Api Indonesia official mobile application, Paditrain
    • APLIKASI ANDROID : Paditrain, naik kereta, tiket kereta api, Jadwal KA
  6. Bukti Pembayaran pembelian tiket diluar loket KAI dapat berupa struk, email, sms notifikasi atau bentuk lainnya, berisi kodebooking, data diri dan data perjalanan penumpang serta harus ditukarkan dengan tiket di loket stasiun selambat-lambatnya satu jam sebelum jadwal keberangkatan KA

Ketentuan Tarif

  1. Tarif adalah tarif per orang sekali jalan, sudah termasuk asuransi.
  2. Tarif berlaku berada pada rentang tarif batas atas (tba) dan tarif batas bawah (tbb) yang ditetapkan oleh Direksi berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia dan dapat berubah sewaktu-waktu dalam rentang tbb-tba dimaksud.
  3. Khusus kereta api kelas ekonomi yang merupakan penugasan pemerintah, tarif ditetapkan berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia dan bersipat tetap
  4. Semua penumpang dikenakan tarif dewasa dan berhak atas nomor tempat duduk kecuali pada Kereta Api Komuter dapat diberlakukan bebas tempat duduk.
  5. Khusus Anak usia dibawah 3 tahun pada kereta api jarak jauh dan menengah hanya dikenakan tarif sebesar 10% jika tidak mengambil tempat duduk sendiri.

Ketentuan Bagasi

  1. Berat bagasi tangan yang boleh dibawa ke dalam kabin kereta untuk tiap penumpang maksimum 20 Kg dengan volume maksimum 100 dm3 , tidak dikenakan bea tambahan.
  2. Bagasi yang melebihi berat dan atau ukuran sebagaimana dimaksud diatas tidak diperkenankan dibawa kedalam kabin kereta penumpang. Bagasi dimaksud dapat ditempatkan pada kereta bagasi dengan pengaturan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan pengelola kereta bagasi (pihak ketiga).
  3. Khusus sepeda lipat atau sepeda biasa yang dikemas sedemikian rupa dalam keadaan komponen-komponennya tidak dirakit menjadi sepeda utuh dapat dibawa kedalam kabin kereta penumpang dan ditempatkan pada tempat yang tidak mengganggu atau membahayakan penumpang lain serta tidak akan menimbulkan kerusakan pada kereta, tidak dikenakan biaya.
  4. Barang yang tidak diperbolehkan diangkut sebagai bagasi tangan adalah binatang, narkotika psikotoprika dan zat adiktif lainnya, senjata api dan senjata tajam, semua barang yang mudah menyala/meledak, barang-barang yang karena sifatnya dapat mengganggu/merusak kesehatan, berbau busuk, barang-barang yang menurut pertimbangan pegawai karena keadaan dan besarnya tidak pantas diangkut sebagai bagasi tangan, barang-barang yang dilarang undang-undang

Ketentuan Boarding

  1. Semua penumpang berusia diatas 17 tahun wajib menunjukan bukti identitas diri yang resmi dengan nama tertera pada bukti identitas sama dengan yang tertera pada tiket. Bukti Identitas.
  2. Identitas yang dapat dipergunakan : KTP, SIM, Passport, Surat Perjalanan Laksana Passport, KITAS, Buku Nikah, Kartu Keluarga, Kartu Pelajar, Kartu Mahasiswa, KTA TNI/Polri, Kartu Pegawai, Kartu NPWP, Kartu Kredit.
  3. Apabila tiket yang dipegang penumpang adalah tiket dengan tarif reduksi maka Bukti Identitas yang ditunjukan adalah :
    • KBD/KMF bagi pegawai, keluarga pegawai, dan pensiunan
    • Kartu Anggota PWRI asli bagi anggota PWRI
    • Kartu Anggota LVRI asli bagi anggota LVRI
    • KTA/Ket Siswa TNI bagi anggota TNI/Polri
    • Bukti Identitas Wartawan/Pers bagi Wartawan
    • Kartu KORPRI bagi anggota KORPRI
    • KTP bagi lansia
    • Railcard bagi pemegang kartu Railcard.
  4. Apabila tidak dapat menunjukan bukti identitas yang sama dengan nama yang tertera pada tiket maka tidak diperkenankan masuk dan naik kereta api.

Perubahan Jadwal tiket (Reschedule/Reroute)

  1. Permohonan perubahan jadwal dapat dilakukan di loket stasiun selambat-lambatnya 60 menit sebelum jadwal keberangkatan kereta api sebagaimana tercantum dalam tiket yang telah dibeli dengan dikenakan bea perubahan jadwal sebesar 25%.
  2. Perubahan jadwal dapat dilakukan terhadap Kereta Api dengan tingkat tarif yang sama atau lebih tinggi, jika dilakukan terhadap Kereta Api dengan tingkat tarif lebih rendah maka tidak ada pengembalian bea.

Pembatalan Tiket

  1. Permohonan pembatalan dapat dilakukan di loket stasiun selambat-lambatnya 30 menit sebelum jadwal keberangkatan kereta api sebagaimana tercantum dalam tiket yang telah dibeli dengan dikenakan bea pembatalan sebesar 25%.
  2. Permohonan pembatalan kurang dari 30 menit sebelum jadwal keberangkatan kereta api maka tiket hangus, tidak ada pengembalian bea
  3. Pengembalian bea tiket yang dibatalkan dilakukan secara tunai di stasiun atau ditransfer ke rekening pemohon pembatalan dengan biaya transfer ditanggung KAI pada hari ke-30 sampai dengan hari ke-60 setelah permohonan pembatalan.
  4. Pembatalan yang diakibatkan tidak terselenggaranya angkutan karena alasan operasional maka bea tiket diluar bea pesan dikembalikan penuh secara tunai.
  5. Perhitungan biaya pembatalan, perubahan jadwal dan reduksi tarif dilakukan pembulatan ke atas pada kelipatan Rp 1.000,-

Download Versi PDF nya disini


INTERNET RESERVATION 

Tiket KA Jarak Jauh dan Menengah dapat dipesan melalui Internet mulai H-90 keberangkatan. Pemesanan bisa dilakukan dari beberapa situs yaitu :

  1. tiket.kereta-api.co.id
  2. tiket.com/keretaapi
  3. tiketkai.com
  4. tiketkeretaapi.com
  5. paditrain.com

Pembayaran untuk pemesanan via Web PT KAI bisa dilakukan dengan beberapa cara, yaitu :

  1. Via ATM
    Bank Mandiri, Bank BII Maybank, Bank BRI, Bank BPR KS, Bank OCBC NISP, BPD DIY
    Bank Panin, Bank CIMB Niaga, Bank BJB, Bank BRI Syariah, Bank Mayapada, Bank Mega
    Bank Pundi, Bank BNI, Bank BCA, Bank BTN
  2. Via Minimarket
    Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Alfa Express, Lawson
  3. Via PPOB & Kantor
    PPOB BRI Delaprasta, Kantor Pos
  4. Credit Card yang issuernya Bank di Indonesia (Bukan Bank di Malaysia, Eropa)
    Visa, Mastercard
  5. Internet Banking
    CIMB Clicks, e-Pay BRI, BCA Klik Pay

SMARTPHONE

Pemesanan tiket KA dapat dilakukan via berbagai aplikasi untuk semua jenis Smartphone yang anda miliki, yaitu :

  1. BlackBerry
    Paditrain
    Kereta Api Indonesia
  2. Android
    Paditrain
    Naik Kereta
    Tiket Kereta Api
    Jadwal KA
  3. Windows Phone / iOS
    Paditrain

MINIMARKET DAN KANTOR

Calon penumpang dapat langsung menanyakan ke petugas kasir untuk membeli tiket KA. Sebutkan Tanggal, Stasiun keberangkatan, dan Stasiun Tujuan untuk memilih tiket KA. Pembelian tiket KA dilayani di minimarket dan kantor berikut ini :

  1. Via Minimarket
    Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Alfa Express, Lawson Station, 7 Elevem
  2. Via PPOB & Kantor
    Kantor Pos, JNE

Tukarkan struk pembelian di gerai tersebut ke stasiun untuk mendapatkan tiket KA. penukaran paling lambat 1 jam sebelum keberangkatan, terima kasih


RAIL BOX

Rail Card  adalah  kartu  prepaid  sebagai  pengganti  uang  tunai  digunakan  untuk pembelian tiket Kereta Api, berbelanja di merchant-merchant yang memasang  logo BNI Prepaid dan berfungsi sebagai Kartu Keanggotaan Kereta Api. Alat ini berfungsi selama 24 Jam.

Cara Pembelian Tiket KA (kelas Eksekutif, Bisnis dan Ekonomi Komersial/AC) dengan

Rail Card  :

Tempelkan kartu Rail Card pada mesin Rail Box. Ikuti menu yang ada pada mesin Rail Box, seperti;  isi nama KA, stasiun keberangkatan & tujuan,tanggal &  jam keberangkatan, dll.. Struk kode booking akan keluar dari mesin Rail Box setelah transaksi,  lalu tukarkan dengan tiket KA di  loket stasiun.

Rail Box  adalah mesin penjual  tiket  kereta  api  yang ditempatkan  di  stasiun-stasiun besar,  di  mall-mall  dan  di  tempat-tempat  yang  telah  ditentukan,  sebagai  tempat pembelian tiket kereta api dengan menggunakan kartu Rail Card.

Rail Card dapat diperoleh di kantor-kantor cabang BNI dan Customer Service di stasiun KA dengan harga kartu perdana Rp. 20.000,- (dua puluh ribu rupiah) dan dapat diisi ulang (top up) sampai dengan Rp1.000.000,-  (satu  juta  rupiah) di ATM BNI, merchant BNI dan mesin EDC (Electronic Data Capture) yang ada di  loket stasiun KA. Setiap pembelian  tiket KA menggunakan Rail Card akan mendapatkan poin reward yang dapat ditukarkan dengan  tiket gratis.


 CONTACT CENTER 121

Cukup menghubungi 121 dari telefon rumah atau 021-121 dari telefon genggam untuk melakukan pemesanan tiket KA. Kode pembayaran yang didapatkan melalui contact center 121 dapat dibayarkan melalui :

  1. Via ATM
    Bank Mandiri, Bank BII Maybank, Bank BRI, Bank BPR KS, Bank OCBC NISP, BPD DIY, Bank Panin, Bank CIMB Niaga, Bank BJB, Bank BRI Syariah, Bank Mayapada, Bank Mega, Bank Pundi, Bank BNI, Bank BCA, Bank BTN
  2. Via Minimarket
    Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Alfa Express, Lawson
  3. Via PPOB & Kantor
    PPOB BRI Delaprasta, Kantor Pos

DRIVE THRU

DRIVE THRU adalah Layanan tambahan bagi pengguna jasa berupa layanan pemesanan tiket dalam kendaraan, sehingga pembelian tiket yang menggunakan kendaraan mobil tidak perlu parkir ataupun turun dari kendaraan terlebih dahulu untuk membeli tiket kereta api, cukup masuk ke dalam jalur drive thru dan petugas loket akan melayani dengan cepat. Untuk saat ini layanan tiket Drive Thru telah tersedia di Statsiun Gambir, Cirebon, Semarang Tawang dan segera menyusul di Surabaya serta kota-kota lain.


-


-


-


Alamat Kantor : Jalan Perintis Kemerdekaan No. 1 Bandung 40117
Telepon Kantor : (022) 4230031, 4230039, 4230054
Teleks Kantor : (022) 4230031, 4230039, 4230054
Fax Kantor : (022) 4203342, Toka 10039
Contact Center 24 Jam : 121 (PSTN), 021-121 (GSM-CDMA)
Kotak Pos : PO Box 1163 Bandung 40000
Website : www.kereta-api.co.id
E-mail : kontak_pelanggan@kereta-api.co.id
Social Media

Twitter : @KAI121 dan @Keretaapikita

Facebook : KAI 121 dan Kereta Api Kita

Youtube : Kereta Api Kita

Instagram : Kereta Api Kita

Google + : Kereta Api Kita

 


Pelayanan KA Penumpang

KA JARAK JAUH, SEDANG, LOKAL

Sebagai perusahaan yang mengelola perkeretaapian di Indonesia, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) telah banyak mengoperasikan KA penumpangnya, baik KA Utama (Komersil dan Non Komersil), maupun KA Lokal di Jawa dan Sumatera, yang terdiri dari :


KA EKSEKUTIF


KA BISNIS


KA EKONOMI AC


 

KERETA REL LISTRIK (KRL)


KERETA REL DIESEL (KRD)


KERETA WISATA

Nikmati nuansa yang berbeda berwisata dengan Kereta Wisata, menawarkan tiga tipe kereta yaitu Nusantara, Bali, dan Toraja sebagai alternatif baru dalam berwisata. Dengan desain interior yang kental dengan simbol budaya dan fasilitas yang lengkap, Kereta Wisata akan memanjakan perjalanan wisata dan bisnis anda. Meeting room, ruang makan, ruang tidur, mini bar, karaoke, toilet dengan shower yang akan menambah kenyamanan anda dalam mengunjungi berbagai kota tempat tujuan wisata. Nikmati kenyamanan anda dengan kereta wisata.


KA WISATA NUSANTARA


KA WISATA BALI


  • KA WISATA TORAJA

Pemesanan dan Informasi. Pemesanan Kereta Wisata diajukan 3 minggu sebelum keberangkatan. Informasi lebih lanjut : PT. Kereta Api Pariwisata, Gedung JRC Lt. Dasar, Jl. Ir. H. Juanda 1B No. 8-10, Jakarta 10120. Telp 021-3483-3404, 021-345-2310, Fax. 021-3452509. Contact Center : 121 (PSTN), 021-121 (GSM/CDMA). Email : info@indorailtour.com , website www.indorailtour.com


PELAYANAN PENUMPANG DI ATAS KA


RESTORASI

restorasi.jpgSetiap Rangkaian Kereta Api kami lengkapi dengan Kereta Makan yang berguna sebagai Restorasi. Restorasi melayani makan dan minum selama perjalanan anda. Terdapat menu-menu khas Kereta Api yang dapat dinikmati pelanggan. Kru Restorasi terdiri dari : Koki, Prama dan Prami yang siap melayani pelanggan kami di dalam perjalanan.

 


KRU KA

kru_ka.jpg

Kru KA adalah petugas Kereta Api yang bertanggung jawab selama dalam perjalanan. Kru KA terdiri dari: Masinis, Assisten Masinis, Kondektur, Teknisi KA dan Runner AC. Mereka secara profesional terlatih untuk melayani pelanggan Kereta Api.

 

 


MANAGER ON DUTY

Seorang Manager On Duty berperan sebagai Customer Service kami yang menemani perjalanan penumpang Kereta Api. Siap menerima kritik, saran, komplain guna memenuhi kebutuhan pelanggan akan pelayanan yang prima.


ON TRAIN CLEANING

Petugas On Train Cleaning (OTC) bertugas menjaga kebersihan Kereta Api selama dalam perjalanan. Terdapat dua petugas OTC di setiap Kerata yang siap melayani pelanggan kami.


PETA RUTE JALUR KA



Pelayanan KA Barang

Angkutan Pupuk

Angkutan pupuk sempat mencapai masa gemilang, terutama saat kereta api melayani angkutan pupuk dengan PT Pupuk Sriwijaya Palembang. Gerbong yang digunakan pun khusus yaitu jenis DGGW/GGW bercat biru. Namun seiring kelangkaan pupuk dan distribusi dialihkan ke moda transportasi truk, angkutan pupuk pun meredup.

Angkutan pupuk direncanakan akan beroperasi awal tahun 2012, sebagai realisasi kerjasama dengan PT Petrokimia Gresik. PT Petrokimia sepakat mendistribusikan produk pupuknya menggunakan kereta api dengan relasi Indro-Cirebon Prujakan, Indro-Sindanglaut dan Indro-Cigading. Khusus relasi Indro-Cigading memanfaatkan balikan kosongan KA Baja Coil. Adapun sarana gerbong yang digunakan bukan menggunakan gerbong tertutup jenis GGW, melainkan gerbong datar PPCW plus kontainer.


Angkutan Pasir

Angkutan Pasir merupakan salahsatu layanan angkutan barang curah yang ditawarkan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero). Jenis sarana gerbong yang disediakan telah tersedia sesuai kebutuhan, yaitu jenis KKBW, ZZOW dan TTW/YYW dengan kapasitas angkut 30 ton dan 50 ton. Stamformasi rangkaian untuk muatan batubara di Sumatera bisa 40-60 gerbong per KA, dan untuk pasir kuarsa/balas/pasir besi di Jawa bisa 15-20 gerbong per KA.

Dengan daya angkut yang banyak dalam sekali angkut, waktu tempuh yang pasti, keamanan terjamin, juga akses yang mudah karena pengangkutan dekat dengan lokasi tambang dan pembongkaran langsung ke area pabrik maupun kawasan pelabuhan.



KA Batubara Sumatera Selatan

Sumatera Selatan memiliki kandungan batubara luar biasa besarnya. Diperkirakan, tambang batubara di Tanjungenim ini menyimpan 15,6 milyar ton batubara. Artinya, sekalipun penambangannya dimaksimalkan hingga 50 juta ton pertahunnya, batubaranya tidak akan habis ditambang selama 200 tahun. Namun melimpahnya kandungan batu berwarna hitam ini tidak didukung oleh lokasi tambang. Sulit dan jauhnya lokasi penambangan membuat angkutan batubara Sumatera Selatan hanya dapat diangkut dengan kereta api hingga dermaga pelabuhan Kertapati (Palembang) dan Tarahan (Lampung).

Potensi angkutan emas hitam ini menjadi kekuatan pendapatan bagi PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional III Sumatera Selatan. Kerjasama angkutan batubara yang sudah terjalin yaitu dengan PT Bukit Asam, PT Bara Alam Utama dan PT Semen Baturaja.


KA Batubara Cigading-Bekasi

Inilah satu-satunya KA Batubara di Pulau Jawa. KA Batubara Cigading-Bekasi merupakan penerusan angkutan batubara dari Sumatera Selatan dan Kalimantan. Dari KA Babaranjang, batubara dari Tarahan diseberangkan dengan kapal ke Cigading, Banten. Selanjutnya, muatan batubara diangkut dengan kereta api dari Cigading ke Stasiun Bekasi, Jawa Barat.

Operasional KA Batubara Cigading-Bekasi dimulai dengan kerjasama pengangkutan antara PT AJW (PT Aneka Jasatama Wahana) dengan PT KAI. Tujuannya adalah untuk mensuplai kebutuhan bahan bakar batubara bagi pabrik semen PT Indocement. Kerjasama pengangkutan dimulai pada tahun 1986.


KA BBM Di Sumatera

Angkutan KA BBM di PT KAI Divisi Regional I Sumatera Utara melayani distribusi BBM dari Depo PERTAMINA Labuan menuju dua tempat, yaitu Kisaran sejauh 149 km dan Siantar sejauh 174 km. Stamformasinya masing-masing 15 gerbong ketel jenis KKW untuk distribusi ke Siantar dan 12 gerbong ketel KKW untuk distribusi ke Kisaran. Gerbong yang digunakan gerbong ketel jenis KKW atau KKRU dengan kapasitas muat 30 ton.

Di Divisi Regional PT KAI Divisi Regional III Sumatera Selatan, angkutan KA BBM melayani pengiriman/ distribusi BBM jenis premium, solar dan kerosin (minyak tanah). Ada tiga KA yang dioperasikan melayani distribusi BBM dari Depo PERTAMINA Kertapati ke tiga tempat berbeda. Masing-masing 1 KA melayani Kertapati-Lubuklinggau dengan stamformasi 18 gerbong ketel jenis KKW sejauh 305 kilometer (1 KA), 1 KA melayani Kertapati-Lahat sejauh 190 km (15 gerbong KKW) dan 1 KA lagi melayani Kertapati-Tigagajah sejauh 171 km (16 gerbong KKW). Untuk lokomotif penariknya menggunakan CC201, dan kapasitas muat per gerbong 30 ton.


KA BBM Di Jawa

Berbeda dengan Sumatera, angkutan BBM di Pulau Jawa lebih bervariasi jenis BBM yang diangkut. Selain jenis premium dan solar, masih ada juga muatan kerosin (minyak tanah) dan avtur (bahan bakar untuk pesawat). Kerjasama angkutan BBM antara PT PERTAMINA Tbk dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero), sebagian besar operasional KA BBM berada di wilayah Daop V Purwokerto, Daop VI Yogyakarta dan Daop VIII Surabaya.

Angkutan BBM di bawah operasional PT KAI Daop V Purwokerto melayani distribusi BBM kedua tempat. Yaitu: distribusi BBM (premium, solar dan kerosin) dari Depo PERTAMINA Maos untuk Tegal, dan pasokan avtur dari Depo PERTAMINA Cilacap untuk Rewulu. Sedangkan di Daop VI Yogyakarta melayani distribusi BBM dari Depo PERTAMINA Rewulu ke Solobalapan dan Madiun. Sedangkan di Daop VIII Surabaya melayani distribusi BBM dari Depo PERTAMINA Benteng untuk pasokan wilayah Malang dan Madiun.



KA Semen Di Sumatera

Angkutan semen di Sumatera yang dilayani dengan kereta api, saat ini hanya ada di wilayah PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre 2 Sumatera Barat dan Divre 3 Sumatera Selatan. Di Divre 2 Sumatera Barat, angkutan semen memberikan kontribusi utama untuk pendapatan hingga saat ini, sedangkan di Divre 3 Sumatera Selatan menjadi angkutan ketiga dalam kontribusi pendapatan setelah KA Pulp dan KA Batubara.


KA Semen Di Jawa

Dalam kurun waktu satu tahun terakhir, angkutan semen di Daop 5 Purwokerto menunjukkan prospek yang menggembirakan. Tahun 2009, produksi semen yang dihasilkan oleh PT Holcim Indonesia, Tbk mencapai 70.000 ton per hari. Namun baru 700 ton per hari yang terealisir diangkut dari permintaan 2000 ton semen. Dan di tahun 2011, dengan dibukanya rute Karangtalun-Cirebon Prujakan, kapasitas angkut yang dicapai oleh PT Kereta Api Indonesai (Persero) rata-rata berkisar 1200 ton.


Angkutan CPO, PKO dan Lateks

Sumatera Utara merupakan salah satu sentra perkebunan kelapa sawit terbesar termasuk karet yang menghasilkan produk olahan berupa CPO (Crude Palm Oil), PKO (Palm Karnel Oil) dan Lateks. Komoditas tersebut selain dipasok untuk kebutuhan dalam negeri, sebagian juga diekspor ke luar negeri. Potensi CPO yang diproduksi beberapa perusahaan di Sumatera Utara sebesar 3.500.000 ton. Dengan rincian antara lain dari PTPN III (860.000 ton), PTPN IV (1.100.000 ton), Musim Mas (300.000 ton), Smart (180.000 ton), Nubika Jaya (500.000 ton), Lonsum (60.000 ton), dan beberapa perusahaan lainnya (500.000 ton). Sedangkan potensi Lateks mencapai 80.000 ton.

Dengan potensi besar tersebut, PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyediakan layanan angkutan barang cair. Minyak CPO, PKO dan Lateks dapat diangkut dengan kereta api menggunakan gerbong ketel jenis KKW. Demikian juga dengan biji sawit, bisa diangkut dengan gerbong tertutup jenis TTW. Keunggulan lain yang ditawarkan yaitu proses pengangkutan langsung dari Kebun/Pabrik dengan tersedianya jalur/sepur simpang dan pengiriman ke Belawan langsung ke tempat pembongkarannya di Ujung Baru. Pembongkaran langsung ke tangki penampungan.


KA Peti Kemas Gedebage - Tanjungpriok

Meningkatnya jumlah kendaraan yang keluar-masuk Jakarta, membuat waktu tempuh perjalanan menjadi lebih lama. Meskipun sudah terdapat jalan tol Cipularang yang menghubungkan Jakarta-Bandung namun kemacetan terjadi semakin parah ketika memasuki dalam kota Bandung maupun Jakarta. Pemprov DKI Jakarta pun telah mengatur ketentuan waktu yang diijinkan bagi truk-truk kontainer yang masuk dalam kota. Dalam kondisi demikian, angkutan barang dengan kereta api merupakan solusi kelancaran pengiriman barang dengan waktu tempuh yang pasti. KA Petikemas relasi Gedebage (Bandung)-Tanjungpriok (Jakarta) sejauh 188 km ditempuh dalam waktu sekitar 5 jam. Tersedia 1 KA dengan stamformasi 12 gerbong PPCW Berat Muat 40 Ton atau menggunakan gerbong PKPKW Berat Muat 45 Ton. Sedangkan lokomotif penariknya menggunakan seri CC201, CC203 atau CC204. Muatan KA Petikemas Gedebage-Pasoso dariBandung membawa kontainer berisi barang yang akan diekspor, dan dari Tanjungpriok mengangkut barang  impor. Muatan barang yang diangkut sebanyak 243 ribu ton pertahun.


KA Antaboga BKE

KA Antaboga merupakan KA petikemas yang melayani angkutan barang dengan relasi Jakartagudang-Surabaya Pasarturi (698 km). Barang-barang yang diangkut KA ini beragam, dari jenis minuman, makanan, biji besi, dan jenis lainnya. Perusahaan ekspedisi yang menyewa KA Petikemas ini adalah PT BKE (Buana Kontainindo Ekspress). Dalam 1 KA rata-rata terdiri dari dari 18 gerbong datar PPCW Berat Muat 40 Ton dan 1 gerbong Kabus (untuk petugas PT KAI yang mengawal) dengan ditarik 1 lokomotif seri CC201. Dalam satu tahun, muatan barang yang diangkut sebanyak 243 ribu ton.


KA Peti Kemas Tanjungpriok - Kalimas

KA Petikemas dari Tanjungpriok Jakarta untuk tujuan Surabaya, semuanya berakhir di Kalimas. Ada 3 KA Petikemas yang beroperasi melayani relasi Tanjungpriok-Kalimas (743 km). Dua KA disewa oleh perusahaan ekspedisi PT JPT (Jatim Petroleum Transport) dengan relasi dari Pasoso-Kalimas, dan 1 KA yang semula disewa PT Cencon, kini disewa oleh PT KA Logistik (anak perusahaan PT KAI) dengan relasi Sungai Lagoa-Kalimas. Stamformasi KA, masing-masing terdiri dari 18 gerbong PPCW Berat Muat 40 Ton yang ditarik lokomotif CC201 atau CC204.


Angkutan KA Parcel

Dinamakan KA Parcel atau KA Cheetah. Nama Cheetah diambil dari nama hewan sejenis kucing yang menjadi hewan tercepat di dunia. Sarana yang digunakan bukanlah gerbong melainkan kereta khusus bagasi (B) berwarna hijau. Satu KA terdiri dari 9 kereta B dan 1 BP (kereta bagasi yang dilengkapi pembangkit untuk penerangan dalam kereta), dengan lokomotif penarik seri CC201, CC203 atau terkadang juga menggunakan CC204.

Hingga saat ini KA Parcel ada dua kelas,yaitu KA Parcel I dan KA Parcel II (ONS). Keunggulan angkutan KA Parcel ini, kereta bagasi yang digunakan memiliki kapasitas muat 20 ton. Waktu tempuhnya pun lebih cepat dibanding dengan KA barang lainnya, atau setara dengan KA penumpang kelas Argo, Eksekutif dan Bisnis. Relasi yang dilayani Jakarta-Surabaya dengan pemberhentian di Stasiun Cirebon, Tegal, Pekalongan, Semarangponcol, Cepu, Bojonegoro dan Babat. Itulah karenanya beberapa perusahaan ekspedisi ada yang menyewa 1-2 kereta bagasi untuk memuat kiriman paket barang. Tiap keretanya juga dikawal petugas masingmasing ekspeditur sehingga keamanan barang lebih terjamin dan mempercepat proses bongkar-muat barang di stasiun antara.


Angkutan BHP

BHP adalah singkatan dari Barang Hantaran Paket. Layanan angkutan BHP dengan kereta api ini berbeda dengan angkutan barang lainnya. Barang Hantaran Paket diangkut menggunakan kereta khusus bagasi (B) yang dirangkaikan dengan KA penumpang regular kelas eksekutif, bisnis dan ekonomi yang sesuai tujuan pengiriman barang. Angkutan BHP memiliki beberapa keunggulan, antara lain: waktu perjalanan lebih cepat, atau sama dengan KA penumpang kelas Argo, Eksekutif, Bisnis dan Ekonomi. Perjalanan setiap hari dengan relasi Lintas Utara (Jakarta-Surabaya via Semarang), Lintas Tengah (Jakarta-Surabaya via Purwokerto), Lintas Selatan (Bandung-Surabaya/Malang) dan Lintas Timur (Surabaya-Banyuwangi).



KA Petikemas Baru 

Di tahun 2012, PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan menambah jumlah KA angkutan petikemas dengan beberapa relasi untuk melayani permintaan pelanggan (customer). Diantaranya:

  • KA Petikemas Cigading – Pasoso
  • KA Logistik
  • KA Logistik Selatan
  • KA Jakalog Jababeka
  • KA Jakalog CDP-SAO
  • KA Muara Logistik
  • KA Petikemas Gedebage-Merak

Angkutan Pulp

Angkutan barang tak hanya dijalin dengan perusahaan BUMN saja. PT Kereta Api Indonesia (Persero) juga menawarkan jasa angkutan barang dengan perusahaan swasta untuk pengiriman/distribusi hasil produksinya. Seperti di Divisi Regional III Sumatera Selatan, kereta api ikut berperan dalam angkutan barang pulp (bahan baku kertas) hasil produksi PT Tanjung Enim Lestari (TEL) Pulp & Paper.

Perusahaan yang bergerak di produk bubur kertas sebagai bahan baku pembuatan kertas dan tissue yang berlokasi di Sumatera Selatan ini memiliki gudang dan dermaga sendiri di Tarahan, Lampung Selatan. Untuk kelancaran pengiriman pulp dari pabriknya yang berada di Niru, Muaraenim ke Tarahan untuk ekspor dan pemasaran di dalam negeri, maka pengangkutan dengan kereta api jauh lebih efi sien dalam efi siensi waktu, daya angkut yang besar dan biaya murah.


Angkutan Baja Coil

Angkutan Baja Coil merupakan kerjasama antara PT Kereta Api Indonesia (Persero) dengan PT. Krakatau Steel. Produk yang diangkut berupa lembaran baja gulung (coil) dari pabriknya di Cilegon hingga ke Kalimas, Surabaya. Peresmian operasional perdana dilakukan 28 Januari 2009 di emplasemen PT Krakatau Steel Cilegon oleh Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono. Pengangkutan Baja Coil dengan kereta api sebenarnya sangat menguntungkan perusahaan itu sendiri karena dirasa lebih cepat. Jika menggunakan truk, perjalanan ditempuh hingga 7 hari perjalanan. Sedangkan jika menggunakan KA, waktu tempuhnya hanya 3 hari. Praktis, PT. Krakatau Steel dapat mendistribusikan komoditinya dengan volume yang jauh lebih banyak daripada sebelumnya. Dengan menggunakan gerbong PPCW sebanyak 16 gerbong, PT Krakatau Steel bisa mengangkut 480 ton baja, yang setara 12 trailer kontainer ukuran 40 ton.


 

 


Jika terdapat permasalahan dalam layanan publik ini, silakan melaporkannya ke

comments powered by Disqus