Administrasi Kendaraan Ibadah Int'l Citizen Service Jaminan Sosial Kependudukan Kesehatan Ketenagakerjaan Lain-lain Layanan Lingkungan Pajak & Keuangan Pendidikan Pengaduan Masyarakat Perjalanan Internasional Pertanahan Rumah Tangga Transportasi Usaha Wisata

e-Toll




Tentang Kartu e-Toll

Kartu e-toll adalah kartu prabayar pintar dan nirsentuh (contactless smartcard) yang diterbitkan oleh Bank Mandiri sejak tahun 2009 dan bekerja sama dengan Operator Tol. Saat ini operator tol yang telah bekerja sama yaitu Jasa Marga, Cipta Marga Nusaphala Persada, Marga Mandala Sakti dan Jalan tol Lingkar Luar Jakarta (JLJ).

e-Toll Card digunakan untuk transaksi pemabayaran tol dan selanjutnya dapat digunakan untuk transaksi di luar gerbang tol.

 


Fitur

Fitur e-Toll antara lain adalah sebagai pengganti uang cash untuk transaksi pembayaran tol, kartu dapat dipindahkan, saldo terdapat di kartu, dapat diisi ulang, memiliki saldo maksimal Rp. 1.000.000 dan saldo minimal Rp. 10.000.


Manfaat e-Toll

  • Sebagai pengganti uang tunai
  • Transaksi pembayaran tol lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan cash
  • Dapat digunakan untuk transaksi di luar merchant tol (Indomaret, SPBU, beberapa mechant F&B, dsb)

Lokasi Pembelian Kartu e-Toll

e-Toll Card dapat dibeli di :

  • Seluruh Cabang Bank Mandiri di Jabodetabek
  • Outlet Indomaret di wilayah Jabodetabek
  • Kantor Gerbang Operator Tol yaitu :
    • Kantor gerbang Cililitan (Jasa Marga)
    • Kantor gerbang Halim (Jasa Marga)
    • Kantor gerbang Kapuk (Jasa Marga)
    • Kantor gerbang Cengkareng (Jasa Marga)
    • Kantor gerbang Sunter (CMNP)
    • Kantor gerbang Serang Timur (MMS)
    • Kantor gerbang Merak (MMS)
    • Kantor gerbang Cilegon Timur (MMS)
    • Kantor gerbang Cilegon Barat (MMS)

Ruas Tol yang Menerima Transaksi e-Toll

e-Toll Card dapat digunakan di ruas tol:

  1. Cawang - Tomang - Cengkareng, pengelola tol yaitu Jasa Marga.
  2. Cawang - Priok - Pluit, pengelola tol yaitu CMNP.
  3. Cikupa - Anyer pengelola tol yaitu MMS.
  4. Jakarta - Cikampek, khusus gerbang Pondok Gede Barat (PGB) dan Pondok Gede Timur (PGT), pengelola tol Jasa Marga.
  5. Rorotan - Veteran (JORR), pengelola tol JLJ.


Untuk mempermudah menemukan ruas tol yang yang sudah dapat menerima transaksi e-Toll Card, temukan tanda e-Toll Card di pintu-pintu gerbang tol.


Masa Berlaku, Waktu Kadaluarsa dan Nilai Minimum Transaksi

Sejauh ini, tidak ada masa berlaku kartu e-Toll. Namun apabila dalam jangka waktu 12 bulan (1 tahun) kartu tidak digunakan untuk transaksi isi ulang ataupun pembayaran/purchase, maka Pemegang Kartu akan dikenakan biaya administrasi Rp. 10.000 (dapat berubah sesuai ketentuan yang berlaku) pada saat pengaktifan kembali, kartu tetap dapat digunakan.

Sedangkan untuk nilai minimum, sejauh ini tidak ada minimum transaksi untuk pembelanjaan dengan e-Toll Card.

 


-


-


Isi Ulang & Cek Saldo

Cara Isi Ulang

Nasabah dapat melakukan transaksi isi ulang (top up) e- Toll Card di EDC mandiri prabayar, e-Banking (mandiri Internet, mandiri SMS, mandiri ATM) atau secara tunai di Cabang Bank Mandiri dan seluruh outlet Indomaret.

Khusus untuk transaksi isi ulang (top up) melalui mandiri e-Banking, Pemegang Kartu harus melakukan proses Update Saldo di EDC mandiri prabayar, kecuali di ATM Non-Tunai yang telah dilengkapi reader dapat langsung meng-update saldo kartu (isi kartu langsung bertambah).


Lokasi Isi Ulang

Pemegang Kartu dapat melakukan isi ulang e-Toll Card di :

  • Seluruh Cabang Bank Mandiri di Jabodetabek dan cabang Bank Mandiri tertentu di luar Jabodetabek
  • Seluruh outlet Indomaret
  • Self Service Terminal (SST) mandiri prabayar isi ulang
  • Kantor Gerbang Operator Tol yaitu:
    • Kantor gerbang Cililitan (Jasa Marga)
    • Kantor gerbang Halim (Jasa Marga)
    • Kantor gerbang Kapuk (Jasa Marga)
    • Kantor gerbang Cengkareng (Jasa Marga)
    • Kantor gerbang Sunter (CMNP)
    • Kantor gerbang Serang Timur (MMS)
    • Kantor gerbang Merak (MMS)
    • Kantor gerbang Cilegon Timur (MMS)
    • Kantor gerbang Cilegon Barat (MMS)

E-Toll Card dapat diisi ulang (top up) dengan pilihan nominal Rp 50.000, Rp 100.000, Rp 200.000, Rp 300.000, Rp 500.000 atau nominal lainnya sesuai keinginan. Isi ulang dapat dilakukan dengan kartu mandiri debit di beberapa lokasi berikut:

Sedangkan melalui Mandiri e-banking, metode isi ulang dilakukan 2 tahap yaitu proses pembayaran (pendebetan rekening) dan proses pengisian (memindahkan uang Anda ke fisik e-Toll Card) sebagai berikut:

Melalui layanan mandiri SMS:

Isi ulang (top up) dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
Ketik SMS dengan format ISIprelist rekeningno kartu Mandiri Prabayarnominal isi ulang
Contoh : Isi pre 1 6032982000123456 10000

SMS dikirimkan ke nomor 3355

  • Anda akan menerima SMS PIN Challenge dari 3355
  • Apabila transaksi berhasil, Anda akan mendapatkan notifikasi SMS transaksi berhasil
  • Setelah transaksi berhasil, pemegang kartu wajib melakukan update saldo di kartu mesin EDC kartu prabayar yang tersedia di Merchant/Cabang
  • Pengecekan perkiraan saldo mandiri prabayar, sedangkan untuk mendapat informasi saldo terkini pemegdang kartu dapat melakukan pengecekan saldo di mesin EDC kartu prabayar yang ada di cabang.

Cek Saldo

Untuk transaksi cek saldo melalui mandiri SMS, Anda tidak perlu menjadi nasabah Bank Mandiri atau tidak perlu menjadi user mandiri e-Banking.

Untuk transaksi isi ulang (top up):

Anda harus memiliki rekening tabungan/giro Mandiri.
Anda harus terdaftar sebagai user mandiri sms dengan kode layanan SMS01.

Untuk cek saldo di mesin EDC, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pilih menu "Prepaid"
  • Pilih menu "Update Saldo"
  • Letakan kartu Mandiri Prabayar di "mesin reader/dongle" dan secara otomatis sistem akan melakukan penambahan saldo di kartu mandiri prabayar

Saat ini cek saldo e-Toll Card sudah dapat dilakukan di lokasi-lokasi berikut:

  • Seluruh kantor cabang Bank Mandiri di Jabodetabek dan cabang Bank Mandiri tertentu di luar Jabodetabek
  • Self Service Terminal (SST) mandiri prabayar isi ulang
  • Seluruh outlet Indomaret
  • Outlet Alfamidi/Alfaexpress di wilayah Jabodetabek
  • SPBU Pertamina tertentu yang telah bekerja sama
  • Kantor operator tol tertentu

Kartu Hilang/Bermasalah

Apabila e-Toll Card hilang/dicuri, apakah Bank dapat memblokir kartu ?
Bank tidak dapat memblokir kartu yang hilang/dicuri, dan Bank tidak mengganti sisa saldo kartu hilang/ dicuri, karena saldo e-Toll Card terdapat di kartu, sifatnya sebagai pengganti uang cash, dapat dipindahtangankan dan transaksi pembelian dilakukan offline.

Bagaimana jika saya melakukan isi ulang (top up) melalui mandiri internet dan mandiri sms gagal, rekening tabungan sudah terdebit tapi saldo e-Toll Card tidak bertambah?
Pemegang Kartu dapat menghubungi cabang terdekat dan/atau menghubungi langsung mandiri call14000 atau 021-52997777 untuk menyampaikan keluhannya.

Keluhan pemegang kartu harus disertai dengan bukti histori tansaksi e-Toll Card.

Apa yang harus dilakukan apabila pengendara mengalami pendebetan lebih dari satu kali di gerbang tol?
Apabila Pemegang Kartu melakukan komplain di gerbang tol, maka petugas tol melakukan pencetakan histori transaksi, dengan melihat data tanggal dan jam transaksi, apabila terdapat pendebetan dalam waktu tidak lama, maka petugas dapat melakukan penggantian untuk kelebihan pendebetan tersebut berdasarkan petty cash yang tersedia. 

Petugas tol kemudian mencatat keluhan ini untuk selanjutnya disampaikan kepada Kantor Cabang Operator Tol.

Apa yang harus dilakukan apabila kartu tidak dapat digunakan dan pelanggan komplain di gerbang tol?
Petugas tol melakukan pengecekan di EDC yang tersedia di kantor gerbang.  Apabila kartu memang tidak dapat dibaca oleh reader, maka petugas tol mengarahkan Pemegang Kartu untuk menghubungi cabang Bank Mandiri terdekat.

 


-


-


-


Apabila ada keluhan, informasi, saran atau pengalaman, dapat disampaikan ke Call Center Bank Mandiri di 14000 atau 021-52997777. Layanan ini merupakan layanan 24 jam sehari, 7 hari seminggu.

Sebelum mengisi, mohon perhatikan hal-hal berikut:

  • Setiap formulir yang dikirim akan diberikan nomor Ticket ID, yang akan tampil setelah Anda menekan tombol "Submit"
  • Sesuai Peraturan Bank Indonesia Nomor 7/7/PBI/2005 tentang Penyelesaian Pengaduan Nasabah, setiap pengaduan mohon dilengkapi dengan Foto Copy Identitas, silakan menggunakan fasilitas attachment pada form dibawah atau kirimkan melalui fax di +62-21-5299-7711 dan cantumkan nomor Ticket ID Anda
  • Untuk mengetahui status keluhan Anda, silakan mengirimkan e-mail kembali atau menghubungi Mandiri Call melalui nomor 14000 atau +62-21-52997777 dengan menyebutkan nomor Ticket ID Anda
  • Jangan pernah menulis USER ID dan PIN pada saat menyampaikan informasi, saran atau keluhan, Bank Mandiri tidak akan pernah menanyakan USER ID dan PIN dalam kondisi apapun
  • Untuk permasalahan lupa USER ID & PIN Mandiri Internet mohon mencantumkan nomor rekening dan cabang penerbit pada kolom "isi masalah", klik di sini untuk penjelasan penanganan lupa USER ID & PIN Mandiri Internet.

Layanan kontak Bank Mandiri juga bisa dilakukan melalui internet, untuk mengaksesnya anda bisa mengklik tautan dibawah ini

http://www.bankmandiri.co.id/contact.aspx


-


Jika terdapat permasalahan dalam layanan publik ini, silakan melaporkannya ke

comments powered by Disqus