Administrasi Kendaraan Ibadah Int'l Citizen Service Jaminan Sosial Kependudukan Kesehatan Ketenagakerjaan Lain-lain Layanan Lingkungan Pajak & Keuangan Pendidikan Pengaduan Masyarakat Perjalanan Internasional Pertanahan Rumah Tangga Transportasi Usaha Wisata

Layanan Arsip Nasional




Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1971 tentang Ketentuan-Ketentuan Pokok Kearsipan dan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1997 tentang Dokumen Perusahaan, bahwa setiap instansi/organisasi baik Pemerintah maupun Swasta berkewajiban menyimpan, memelihara dan menyelamatkan arsip/dokumen sebagai bahan bukti akuntabilitas kinerja instansi pemerintah/swasta dan pertanggungjawaban nasional.

Penyelenggaraan kearsipan secara baik dan benar, selain merupakan aset suatu organisasi, juga berguna sebagai bahan pengambilan keputusan organisasi pemerintah maupun swasta, karena dengan arsip/dokumen yang teratur dan benar pengambilan keputusan dapat dilakukan cepat dan tepat. Terselenggaranya kearsipan secara baik dapat meminimalisir kesalahan manajemen yang akan diambil oleh organisasi pemerintah maupun swasta melalui tersedianya informasi yang tersaji dengan baik dan benar.

Bagi organisasi pemerintah maupun swasta yang memiliki ruang kantor terbatas, sementara ingin menghasilkan produktifitas yang tinggi bagi organisasinya, maka penggunaan ruang kantor harus diatur sebaik-baiknya. Untuk mengurangi/membebaskan organisasi anda dari kekhawatiran dalam hubungannya dengan teknis penyimpanan arsip/dokumen terutama untuk arsip/dokumen vital bagi organisasi, terhadap bahaya yang disebabkan oleh peristiwa alam (banjir, kebakan, dsb) dan disebabkan oleh binatang perusak (tikus, serangga, jamur, dsb) maka Arsip Nasional Republik Indonesia cq Pusat Jasa Kearsipan memberikan penyelesaian bagi hal tersebut.

PUSAT JASA KEARSIPAN

KONSULTASI KEARSIPAN

Melayani konsultasi untuk membantu menyelesaikan permasalahan kearsipan, sejak dari tata persuratan, pengurusan surat, pengelolaan arsip aktif, penanganan arsip inaktif sampai dengan penyusutan arsip/dokumen (termasuk penyusunan JRA)

PEMBUATAN SISTEM KEARSIPAN

Sistem kearsipan yang dirancang dan dibuat sesuai dengan kondisi dan keinginan instansi masing-masing, sehingga akan membantu di dalam kelancaran kegiatan administrasi, karena sistem tersebut meliputi sejak arsip diciptakan, digunakan sampai dengan disusutkan

PENYEMPURNAAN SISTEM KEARSIPAN

Menyempurnakan sistem yang telah ada dengan memperhatikan kaidah-kaidah kearsipan sehingga merupakan sistem yang aplikatif

OTOMASI KEARSIPAN

Penggunaan sarana elektronik guna mendukung pengelolaan arsip/dokumen agar informasinya dapat diakses dengan lebih cepat

PEMBENAHAN/PENATAAN ARSIP/DOKUMEN

Membantu merekonstruksi/menata ulang dan melaksanakan pembenahan/penataan arsip/dokumen kacau  secara tepat dan benar baik fisik maupun informasinya. Hasil dari pembenahan arsip/dokumen adalah tertatanya fisk dan informasi berupa daftar sebagai jalan masuk untuk penemuan kembali arsip/dokumen yang dapat dibuat secara manual maupun elektronik

PENYIMPANAN ARSIP/DOKUMEN

Menyediakan jasa penyimpanan sekaligus layanan pemakaian arsip/dokumen, pengiriman boks dan pengambilan arsip/dokumen. Ruang penyimpanan dirancang dengan spesifikasi ruang tahan api dan menggunakan AC selama 24 jam untuk Magnetic Tape, Catridge, CD-Rom, Disket, Mikrofilm, Microfiche dan Arsip Vital

PERAWATAN ARSIP/DOKUMEN

Layanan jasa perawatan arsip/dokumen meliputi perawatan arsip /dokumen, fumigasi, laminasi arsip/dokumen tekstual/kertas yang telah rusak/rapuh, dan penjilidan arsip/dokumen serta pengujian arsip konvensional

ALIH MEDIA ARSIP/DOKUMEN

Mengerjakan alih media arsip/dokumen dari media konvensional ke media baru.

REPRODUKSI ARSIP/DOKUMEN

Mengerjakan reproduksi arsip/dokumen dari berbagai ukuran dan jenis yang dibutuhkan, baik arsip tekstual maupun media baru.

PEMELIHARAAN DAN PERAWATAN PUSAT ARSIP/DOKUMEN

Bagi organisasi pemerintah maupun swasta yang sudah memiliki pusat arsip/dokumen sendiri, Pusat Jasa Kearsipan memberikan layanan jasa dalam pemeliharaan dan perawatan pusat arsip/dokumen.

PENGADAAN PERALATAN/SARANA KEARSIPAN

Menyediakan peralatan/sarana kearsipan baik untuk arsip tekstual  maupun arsip media baru, seperti : Boks arsip, rak arsip, folder, guide, mikrofiche 16 mm dan 35 mm, dll.

KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN JASA KEARSIPAN ARSIP NASIONAL RI

ANRI adalah Lembaga Pemerintah yang melaksanakan pembinaan dan pengawasan di bidang kearsipan (KEPPRES No. 03 Tahun 2003) yang berkewajiban menyelamatkan dan melestarikan arsip baik milik instansi Pemerintah maupun Swasta sebagai pertanggungjawaban nasional. Memiliki tenaga-tenaga ahli lulusan dari dalam dan luar negeri serta didukung oleh tenaga ahli Arsiparis yang profesional

KEUNTUNGAN LAINNYA

  • Menghemat tempat penyimpanan
  • Kerahasiaan dan keamanan terjamin
  • Biaya murah
  • Mudah dijangkau karena berada di wilayah strategis
  • Memudahkan dan mempercepat penemuan kembali Arsip/Dokumen bagi instansi/perusahaan
  • Mendukung Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah dalam penyelamatan dan pelestarian arsip/dokumen perusahaan sebagai barang bukti otentik dan bahan pertanggungjawaban nasional atau bahan bukti akuntabilitas kinerja instansi pemerintah/swasta

ORGANISASI PEMERINTAH DAN SWASTA YANG TELAH DIBINA ANRI

  • PT. Jasa Marga (Persero)
  • PT. Tambang Batu Bara Bukit Asam (Unit Keuangan dan Sistem Informasi)
  • Masjid Istiqlal Jakarta
  • Fakultas Teknik Universitas Indonesia
  • Yayasan Orbit
  • Kowani
  • Menpan
  • PT. Multi Bintang Indonesia
  • PT. HM Sampurna
  • PT. Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP)
  • NLG Badak Bontang, PT
  • PT. (Persero) Pelabuhan Indonesia II
  • PT. (Persero) Pelabuhan Indonesia III
  • dan lain-lain


Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1971 tentang Ketentuan-Ketentuan Pokok Kearsipan dan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1997 tentang Dokumen Perusahaan.


Persyaratan Izin Penelitian

Warga Negara Indonesia :

  1. Masyarakat Umum / Perorangan : Kartu Tanda Penduduk dan Mengisi Formulir Pendaftaran
  2. Pelajar dan Mahasiswa : Surat Keterangan Rekomendasi dari Sekolah atau Perguruan Tinggi
  3. Instansi Pemerintah dan Swasta : Surat Keterangan Rekomendasi dari Instansi atau Badan Hukum

Warga Negara Asing :

  1. Masyarakat Umum / Perorangan untuk Keperluan Penelusuran Asal Usul / Genealogi : Passport dan Mengisi Formulir  Pendaftaran
  2. Masyarakat Umum / Perorangan untuk Keperluan Penulisan Buku :
  • Dasar Nota Kesepahaman (MoU) Antara ANRI dengan Instansi Terkait
  • Passport dan Mengisi Formulir Pendaftaran
  1. Mahasiswa Program Graduate / Master / Doktoral : Surat izin dari Kementerian Negara Riset dan Teknologi (RISTEK) dan Surat Keterangan Rekomendasi dari Perguruan Tinggi


LAYANAN ARSIP

Memberikan Akses Arsip kepada Publik, untuk kepentingan pemerintahan, pembangunan, penelitian dan ilmu pengetahuan untuk kesejahteraan rakyat sesuai kaidah-kaidah kearsipan demi kemaslahatan bangsa.

MOTTO

Dengan Pelayanan Yang Lebih Baik Akan Meningkatkan Kualitas Pemanfaatan Arsip

WAKTU PELAYANAN

Senin - Kamis     08.30 - 15.30
Jumat     08.30 - 15.30  Istirahat 12.00 - 13.00

ETIKA PETUGAS

  1. Professional sesuai dengan keahliannya
  2. Memperkenalkan Diri
  3. Santun dalam memberikan jasa layanan arsip

SARANA DAN PRASANA LAYANAN ARSIP

  1. Ruang Layanan Arsip (Meja Baca, Sarana Listrik untuk penggunaan Notebbok)
  2. Ruang Katalog (Inventaris Arsip dan Literatur Penunjang Penelitian)
  3. Layanan Arsip Elektronik (Sistem Informasi Kearsipan Statis)
  4. Layanan Digital untuk Regeerings Almanak
  5. Layanan Preview Film
  6. Alat Baca Micro Reader
  7. Alat Dengar Rekaman Suara
  8. Perpustakaan Khusus (Khusus Penunjang Penelitian Kearsipan)
  9. Penerbitan Sumber : Informasi arsip pilihan (tematik) dalam bentuk buku


-


-


-


PUSAT JASA KEARSIPAN
ARSIP NASIONAL REPUBLIK INDONESIA

Jl. Ampera Raya Cilandak Timur - Jakarta Selatan 12560
Telp. (021) 7805851 ext. 213, 214, 240, 247 dan 117
Fax : (021) 7805812, E-mail : info@anri.go.id


-


Jika terdapat permasalahan dalam layanan publik ini, silakan melaporkannya ke

comments powered by Disqus