Administrasi Kendaraan Ibadah Int'l Citizen Service Jaminan Sosial Kependudukan Kesehatan Ketenagakerjaan Lain-lain Layanan Lingkungan Pajak & Keuangan Pendidikan Pengaduan Masyarakat Perjalanan Internasional Pertanahan Rumah Tangga Transportasi Usaha Wisata

Pengaduan Kinerja Pemerintah dan Layanan Publik




Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) adalah aplikasi media sosial yang melibatkan partisipasi publik dan bersifat dua arah, yang digunakan sebagai alat bantu untuk melakukan monitoring dan verifikasi capaian program pembangunan maupun pengaduan masyarakat terkait pelaksanaan program pembangunan nasional.

Aplikasi LAPOR! berupaya untuk menjembatani partisipasi publik dalam pembangunan nasional antara masyarakat umum dengan pemerintah pusat. Masyarakat umum dapat memberikan pelaporan tentang pembangunan yang akan ditinjau dan didisposisikan oleh UKP-PPP kepada Kementerian atau Lembaga yang terkait, untuk ditindaklanjuti.

LAPOR! dapat diakses lewat SMS ke 1708, melalui lapor.ukp.go.id atau lewat aplikasi client di telepon genggam anda.

 


-


-


Alur LAPOR!

 

PELAPORAN
Masyarakat umum dapat mengirimkan laporan pada LAPOR! melalui berbagai media termasuk websitehttp://lapor.ukp.go.id, SMS 1708 dan juga mobile applications. Laporan tersebut harus diverifikasi oleh administrator LAPOR! untuk kejelasan dan kelengkapan, dan selanjutnya didisposisikan ke intansi Kementerian/Lembaga terkait paling lambat 3 hari kerja setelah pelaporan dilakukan.

TINDAK LANJUT PELAPORAN
Instansi Kementerian/Lembaga diberikan waktu selama 5 hari kerja untuk melakukan koordinasi internal dan perumusan tindak lanjut dari pelaporan yang diberikan oleh masyarakat umum. Apabila sudah ada rumusan tindak lanjut, maka instansi Kementerian/Lembaga dapat menginformasikannya pada halaman tindak lanjut laporan.

PENUTUPAN LAPORAN
Laporan dianggap selesai apabila sudah terdapat tindak lanjut dari instansi Kementerian/Lembaga pada laporan, dan telah berjalan 10 hari kerja setelah tindak lanjut dilakukan tanpa adanya balasan dari pelapor maupun administrator LAPOR! di halaman tindak lanjut.

 


-


-


-


-


Partisipasi dalam LAPOR!

LAYANAN YANG CEPAT:

“Terima kasih untuk tanggapan dan klarifikasinya yang super cepat...”

Pelapor mengeluhkan proses layanan balik nama di kantor Badan Pertanahan Nasional Tigaraksa, Tangerang yang memakan waktu terlalu lama hingga 2 bulan. Padahal sesuai dengan informasi mengenai prosedur, layanan ini dapat diselesaikan hanya dalam 5 hari. Dalam waktu 50 menit setelah laporan didisposisikan, Badan Pertanahan Nasional langsung memberikan tindak lanjut bahwa permohonan balik nama telah selesai sesuai waktu yang ditentukan dan sudah dapat diambil semenjak waktu itu.

 

 

HASIL NYATA YANG MEMUASKAN
“Iya betul sudah diperbaiki, terima kasih atas tanggapannya. Salam dan selamat bekerja!”

Pelapor melaporkan keadaan jalan berlubang di Jalan Gunung Sahari, Jakarta dengan posisi yang mendetil, dan didisposisikan oleh LAPOR! kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Laporan ini lalu diteruskan kepada dinas terkait yaitu Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta dan Suku Dinas Pekerjaan Umum Jalan Jakarta Pusat untuk diberikan tindak lanjut. Di mana dalam waktu satu minggu, jalan berlubang tersebut sudah ditambal. Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta melaporkan kembali dilengkapi dengan lampiran gambar. Contoh lain dari kinerja nyata dari tindak lanjut LAPOR! adalah pada laporan sampah menumpuk pasca banjir oleh Dinas Kebersihan DKI Jakarta.

 

 

KOORDINASI ANTARA PEMERINTAH PUSAT DAN WILAYAH:
“Terima kasih atas tindak lanjutnya, setelah didisposisikan, semua proses telah selesai. Kami sangat mengapresiasi atas bantuan yang diberikan oleh LAPOR!. Semoga kedepannya bertambah baik.”

Pelapor mengadukan adanya indikasi pungutan liar dalam upaya pengembalian barang bukti persidangan kepada korban di Kejaksaan Negeri Gunung Sugih, Lampung Tengah. LAPOR! mendisposisikan laporan tersebut kepada Kejaksaan Agung Republik Indonesia, yang setelahnya langsung meminta informasi pelengkap kepada pelapor. Setelah dilakukan koordinasi, tindak lanjut membuahkan hasil. Proses pengembalian barang bukti persidangan kepada korban selesai 10 hari setelah laporan didisposisikan.

 

DISKUSI PERMASALAHAN SOSIAL ANTARA MASYARAKAT DAN PEMERINTAH:
“… Saya senang karena ternyata pemerintah melalui forum ini bersedia merespon keluhan masyarakat di daerah.”

Pelapor melakukan pendalaman kinerja pemerintah dan mempertanyakan keseriusan Proyek Normalisasi Sungai Juwana di Jawa Tengah. Laporan ini didisposisikan kepada Kementerian Pekerjaan Umum. Pada tindak lanjut yang diberikan, Kementerian Pekerjaan Umum menjelaskan secara transparan tentang perkembangan proyek normalisasi ini. Dengan adanya respon dari instansi pemerintah, pelapor pun dapat bertanya lebih lanjut dalam fungsinya sebagai masyarakat yang ikut mengawasi kinerja pemerintah. Sehingga diskusi antara pelapor dan Kementerian Pekerjaan Umum pun berlanjut lebih mendalam.


FAQ LAPOR!

Anggota Baru

Apakah saya harus melakukan proses pendaftaran untuk melapor?
Ya, Anda perlu mendaftarkan diri ke dalam aplikasi LAPOR! terlebih dahulu untuk mengirimkan pelaporan melalui aplikasi ini. Untuk proses pendaftaran, Anda cukup memasukkan alamat email, nama lengkap dan juga password dalam aplikasi LAPOR!.

Apakah ada persyaratan khusus untuk menjadi anggota?
Tidak ada persyaratan khusus untuk menjadi anggota dalam aplikasi LAPOR!. Aplikasi ini terbuka bagi seluruh warga negara Indonesia.

Apakah pendaftaran menjadi anggota dikenakan biaya?
Semua layanan yang disediakan dalam aplikasi LAPOR! tidak dikenakan biaya dalam bentuk apapun, termasuk pendaftaran menjadi anggota yang gratis.

Apakah data pribadi saya akan dirahasiakan oleh LAPOR!?
Data pribadi pengguna akan dirahasiakan oleh LAPOR!. Namun jika sewaktu-waktu data pribadi tersebut diperlukan untuk kepentingan tindak lanjut, maka data tersebut akan diberikan kepada instansi Kementerian/Lembaga terkait.

Pelaporan

Bagaimana cara memberikan laporan melalui situs aplikasi LAPOR!?
Masukan laporan Anda ke dalam kolom “Apa laporan Anda?” dengan jelas dan lengkap. Lalu pilih kategori dari laporan Anda dan tekan tombol LAPOR!.

Apakah ada cara lain dalam memberikan laporan selain melalui situs aplikasi LAPOR!?
Selain melalui situs aplikasi LAPOR!, Anda dapat memberikan laporan melalui SMS LAPOR! 1708 dan juga melalui mobile applications pada sistem operasi Android dan Blackberry.

Laporan apa saja yang dapat saya laporkan?
Laporan yang diterima oleh aplikasi LAPOR! adalah laporan yang berhubungan dengan pembangunan nasional.

Apakah saya dapat menyertakan foto atau gambar dalam laporan saya?
Anda dapat menyertakan foto atau gambar dalam laporan Anda dengan menekan tombol kamera dalam kolom “Apa laporan Anda?”.

Berapa lama saya harus menunggu tindak lanjut dari laporan yang saya berikan?
Laporan yang Anda berikan akan melalui alur kerja pelaporan, disposisi laporan dan tindak lanjut laporan. Verifikasi laporan dilakukan oleh administrator LAPOR! selambat-lambatnya selama 3 (tiga) hari kerja, dan lalu didisposisikan kepada instansi Kementerian/Lembaga terkait. Setelah itu instansi Kementerian/Lembaga terkait mempunyai waktu selama 5 (lima) hari kerja untuk merumuskan tindak lanjut bagi laporan yang Anda berikan. Namun, terdapat jenis laporan yang harus menunggu lebih lama akibat rumitnya pelaporan yang diberikan, sehingga LAPOR! tidak dapat menjamin batas waktu tunggu untuk tindak lanjut dari laporan yang Anda berikan.

Bagaimana saya tahu apabila laporan saya sudah ditindaklanjuti?
LAPOR! akan mengirimkan notifikasi kepada Anda melalui email ataupun SMS, apabila laporan Anda mendapatkan tindak lanjut.

Mengapa laporan saya ditutup?
Laporan Anda dianggap selesai apabila sudah terdapat tindak lanjut dari instansi Kementerian/Lembaga terkait dan tidak mendapatkan balasan lanjutan dari pelapor. Secara otomatis sistem pada aplikasiLAPOR! akan menutup laporan setelah 10 hari kerja diberikannya tindak lanjut tanpa balasan lanjutan.

 


Jika terdapat permasalahan dalam layanan publik ini, silakan melaporkannya ke

comments powered by Disqus