Administrasi Kendaraan Ibadah Int'l Citizen Service Jaminan Sosial Kependudukan Kesehatan Ketenagakerjaan Lain-lain Layanan Lingkungan Pajak & Keuangan Pendidikan Pengaduan Masyarakat Perjalanan Internasional Pertanahan Rumah Tangga Transportasi Usaha Wisata

Pengaduan Oknum Kejaksaan




PENGADUAN MASYARAKAT
Penerimaan pengaduan masyarakat melalui tautan dibawah ini adalah untuk pengaduan yang berkaitan dengan dugaan pelanggaran perilaku ataupun ketidakprofesionalan Jaksa dan Pegawai dalam melaksanakan tugas.

 

Kejaksaan RI tidak akan menindaklanjuti:

  1. Pengaduan yang tidak jelas.
  2. Pengaduan mengenai dugaan terjadinya suatu tindak pidana.

Perlu diinformasikan bahwa Kejaksaan RI hanya memiliki wewenang untuk melakukan penyidikan terhadap tindak pidana tertentu yang diatur secara khusus oleh undang-undang, di antaranya adalah tindak pidana korupsi, perikanan, dan pelanggaran HAM berat yang penyidikannya sudah mendapat persetujuan DPR.

Pengaduan atau informasi mengenai dugaan terjadinya tindak pidana tertentu tersebut dapat Anda sampaikan kepada Kejaksaan Tinggi maupun Kejaksaan Negeri di wilayah di mana tindak pidana tersebut terjadi.

Setiap pengaduan yang diterima melalui tautan dibawah ini akan ditangani oleh Pejabat Pengawasan Fungsional dan Pegawai pada Jaksa Agung Muda Pengawasan.


-


Siapa yang boleh menyampaikan pengaduan melalui website ini?

Siapa pun dapat menyampaikan laporan pengaduan mengenai dugaan pelanggaran perilaku atau dugaan perbuatan tercela yang dilakukan pegawai Kejaksaan RI baik jaksa maupun Tata Usaha.

Sepanjang Anda memiliki pengetahuan, informasi atau keterangan mengenai suatu dugaan pelanggaran perilaku atau dugaan perbuatan tercela yang dilakukan pegawai Kejaksaan RI baik jaksa maupun Tata Usaha, Anda dapat menyampaikan pengaduan Anda, meskipun Anda bukan merupakan pihak yang terkait langsung dengan dugaan pelanggaran perilaku atau dugaan perbuatan tercela tersebut.


Sistem pengaduan oknum kejaksaan dimaksud dapat dilihat pada tautan dibawah ini

http://www.kejaksaan.go.id/pengaduan.php

Bagaimana cara menyampaikan pengaduan?

  • Isilah kolom-kolom yg tersedia pada fitur pengaduan.
  • Uraikan tindakan/perbuatan Jaksa atau Pegawai Kejaksaan yang Anda laporkan pada kolom Pengaduan. Upayakan Anda menuliskannya dalam bahasa Indonesia yang baik dan jelas, dengan memuat peristiwa yang berkaitan dengan tindakan/perbuatan yang dilaporkan secara kronologis dan sistematis.
  • Untuk memudahkan tindak lanjut terhadap pengaduan Anda, pastikan Anda mencantumkan informasi-informasi sebagai berikut:
  1. Nama Terlapor (Jaksa/Pegawai Kejaksaan yang Anda laporkan),
  2. Satuan kerja (Kejaksaan Tinggi/Kejaksaan Negeri/Cabang Kejaksaan Negeri) tempat Terlapor bertugas, dan
  3. Nama Tersangka/Terdakwa/materi perkara yang berkaitan dengan pengaduan yang Anda sampaikan (jika tindakan/perbuatan yang dilaporkan berkaitan dengan penanganan suatu perkara).
  • Anda juga dapat melampirkan dokumen-dokumen dalam bentuk file elektronik sebagai bukti/keterangan dari pengaduan yang Anda sampaikan dengan fasilitas upload dokumen yang tersedia pada fitur Pengaduan.

Bagaimana cara mengetahui bahwa Pengaduan yang disampaikan sudah diterima dan tersimpan dengan baik dalam database Pengaduan Kejaksaan?

Apabila Anda mencantumkan email Anda dengan benar ketika menyampaikan pengaduan, sistem teknologi informasi dari website Kejaksaan akan mengirimkan email konfirmasi apabila pengaduan sudah diterima dan tersimpan dalam database Pengaduan Kejaksaan. Email konfirmasi tersebut juga memuat nomor registrasi pengaduan Anda. Nomor registrasi tersebut akan berguna bagi Anda dalam memantau tindak lanjut terhadap pengaduan Anda melalui pengumuman dalam website.

Tindak Lanjut Aduan

Setiap Pengaduan yang disampaikan akan ditindaklanjuti dengan tahapan penanganan sebagai berikut :

  1. Proses pemilahan laporan pengaduan
  2. Diteruskan ke bidang teknis terkait (JAM Pidum, JAM Pidsus, JAM Datun) apabila materi pengaduan adalah mengenai masalah teknis penanganan perkara.
  3. Ditangani oleh bidang Pengawasan – proses telaah
  4. Klarifikasi oleh daerah *
  5. Ada indikasi *
  6. Proses pemeriksaan oleh PPF (Pejabat Pengawasan Fungsional) *
  7. Tidak ada indikasi, Pengaduan dihentikan *
  8. Laporan Hasil Pemeriksaan
  9. Terbukti – proses penjatuhan sanksi (ringan, sedang, berat)
  10. Tidak terbukti – pemeriksaan dihentikan
  11. Terlapor keberatan atas hukuman disiplin *
  12. Proses Majelis Kehormatan Jaksa **
  13. Pelaksanaan hukuman disiplin

* optional
** khusus untuk jaksa yang diusulkan diberhentikan dengan hormat/tidak dengan hormat.

Bagaimana cara untuk mengetahui tindak lanjut yang dilakukan terhadap pengaduan yang disampaikan?

Tindak lanjut yang dilakukan terhadap setiap pengaduan yang diterima akan diumumkan melalui fitur Perkembangan Penanganan Pengaduan yang ada pada website Kejaksaan, berdasarkan nomor registrasi masing-masing. Untuk itu, penting bagi Anda sebagai Pelapor untuk mengingat atau mencatat dengan baik nomor registrasi dari pengaduan yang Anda sampaikan.

 


-


-


-


-


-


Jika terdapat permasalahan dalam layanan publik ini, silakan melaporkannya ke

comments powered by Disqus